Sering Sakit-Sakitan, Ubah Kebiasaan Kerja Anda

officemeditation-56ca53f09a6e9Tubuh mempunyai caranya tersendiri untuk memberitahu Anda saat tidak berada di kondisi prima. Perasaan selalu lelah, kurang bersemangat, serta keluhan sering pusing, gampang terserang flu, adalah salah satu indikator yang dapat dijadikan lampu kuning bagi Anda, memberitahu bahwa tubuh kurang fit.

Nah, saatnya melakukan perombakan gaya hidup. Mungkin Anda berpikir hal-hal yang sudah Anda ketahui: lebih banyak berolahraga dan mengasup makanan lebih sehat. Meski ini baik, namun banyak yang kewalahan bersetia dengan komitmen tersebut. Artikel ini bukan tentang itu. Ada beberapa hal-hal kecil dalam kebiasaan Anda bekerja yang bisa membuat sehat tubuh tanpa beban.

1. Benarkan posisi duduk Anda

Hindari sakit punggung. pinngang, cedera pergelengan tangan, dengan menyesuaikan kursi kerja. Sebuah kursi yang disesuaikan dengan benar akan mengurangi ketegangan pada punggung. Punggung harus senantiasa tegak, lutut harus sedikit lebih rendah dari pinggul Anda. Kaki Anda harus menapak rata di lantai, gunakan sandaran kaki jika perlu.  Jangan menyilangkan kaki Anda, posisi ini cenderung banyak menimbulkan masalah nantinya. Atur ketinggian kursi sehingga Anda dapat menggunakan keyboard dengan pergelangan tangan dan lengan lurus dan sejajar, sehingga lengan membentuk bentuk-L pada sendi siku. Atur juga posisi agar layar dapat sejajar dengan mata. Biasakan dan latih terus posisi seperti ini.

2. Buah untuk camilan

Jam kantor sangat mudah menjebak kepada makanan dengan kalori dan lemak tinggi, martabak, donat, gorengan, bahkan potato chips. Biasakan untuk membawa atau membeli buah segar untuk dikudap di kantor sebagai alternatif.

3. Secangkir kopi sehari

Percaya atau tidak, konsensus ilmiah mengatakan kopi baik untuk Anda. Mungkin ini bertentangan dengan informasi-informasi negatif kopi yang kerap Anda baca. Tetapi menurut WebMd.com, penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi, dibandingkan dengan bukan peminum, cenderung tidak memiliki diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan demensia, serta memiliki lebih sedikit kasus kanker tertentu, masalah irama jantung, dan stroke . Peringatan: gula dan krim membatalkan manfaat ini.

4. Bernafas lebih dalam

Orang di bawah tekanan stres cenderung untuk mengambil napas pendek daripada napas panjang dan dalam-dalam. Seiring waktu, terengah-engah menjadi kebiasaan, sehingga terus-menerus memberikan sinyal  tubuh bahwa Anda sedang stres, bahkan jika saat itu tidak ada yang membuat stres. Bernapas dalam-dalam bisa menenangkan, sangat penting dilatih setiap saat. Karena ampuh membantu memastikan bahwa banyak oksigen masuk ke paru-paru dan ke dalam aliran darah Anda, serta membantu otak Anda untuk bekerja lebih efisien.

5. Latihan untuk mata

Pekerja kantor sering memiliki masalah mata. Pasalnya terlalu banyak menatap layar membuat otot-otot yang memungkinkan mata fokus dapat kehilangan beberapa elastisitas. Solusinya: saat bekerja di depan layar, alihkan pandangan sesekali untuk menatap sesuatu yang jauh, seperti pemandangan ke luar jendela

6. Berjalan-jalan setelah makan siang

Tidak punya waktu untuk gym, ganti dengan berjalan-jalan setelah makan siang efektif. Cara ini paling mudah dan bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan, membantu mengatur gula darah dan meningkatkan ketajaman mental. Hal ini juga memberikan tubuh istirahat dari duduk, yang merupakan tindakan tidak alami bagi tubuh manusia. Sebagai bonus, percakapan yang berlangsung saat Anda sedang berjalan lebih mungkin dapat memicu ide-ide kreatif.

7. kekuatan tidur siang

Kurang tidur adalah bencana untuk kesehatan. Meski begitu, tidur siang masih tidak lazim di kebanyakan tempat kerja, padahal hal ini memberi Anda pilihan untuk mengatur istirahat makan Anda dengan power nap selama sepuluh atau lima belas menit. Menyadari pentingnya hal ini, beberapa kantor sudah meng-endorse power nap 15 menit ini dengan menyediakan tempat-tempat khusus untuk ini.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *